Tuesday, November 7, 2017

Sistem Keamanan Android Tidak Aman

VPN Salah Satu Solusi Keamanan Data Android Anda - Mengutip dari pemberitaan Kompas mengenai sistem keamanan android beberapa waktu lalu yang bersumber dari Android Authority menjelaskan bahwa celah keamanan terbaru telah ditemukan pada sistem operasi android.

Celah keamanan ini ditemukan oleh para peneliti dari Ben Gurion University, Israel yang mengatakan bahwa arus lalu lintas data di perangkat android bisa dicuri melalui jaringan koneksi virtual private network (VPN).

Sistem Keamanan Android Tidak Aman - VPN Cepat (Credit Image: neverblock.me)

Terkait sistem keamanan ini memungkinkan aplikasi jahat dapat mencegah koneksi VPN dan mengalihkannya ke server yang lain atau berbeda. Dengan server tersebut mampu mengontrol semua data yang dikirim ke sistem android malalui koneksi VPN. Hal ini disebabkan karena adanya bug sehingga data yang didapat ternyata palsu dan tidak mampu dienkripsi dengan baik meskipun jaringan VPN dilindungi oleh metode enkripsi.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Internet Positif dan Membuka Situs yang Diblokir

Mengenai permasalahan sistem keamanan android yang tidak aman tersebut, ternyata memiliki sisi negatif dan positifnya.

Negatifnya, kelemahan pada sistem android ini bisa terjadi di semua perangkat dan dilakukan tanpa membutuhkan proses akses root.

Sebab, kode yang yang mencegat data bisa ditanamkan di aplikasi manapun. Ketika aplikasi dijalankan, koneksi VPN yang dimiliki jadi tidak aman. Hal ini terbukti dengan pengujian untuk Android 4.3 dan Android 4.4 KitKat.

Dan sisi baiknya, kode jahat tersebut ternyata tidak mudah masuk ke dalam sistem perangkat android sebab dibutuhkan aplikasi yang terinstall di aplikasi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengunduh aplikasi dari Google Play Store agar mengurangi resiko celah keamanan. Apalagi tanpa aplikasi jahat tersebut, jalur VPN juga tidak bisa dialihkan. Jadi, kamu dapat beroperasi lebih aman.

Info:
Menggunakan VPN Cepat merupakan solusi untuk memberikan kemudahan dan keamanan bagi Anda saat berinternet. Pemakaiannya pun disesuaikan dengan kekuatan dan kecepatan koneksi internet si pengguna sehingga jadi lebih hemat quota. Di samping itu, saat ini sudah ada penyedia VPN murah dengan kualitas terbaik dan Anda pun tak perlu khawatir jika terjadinya bug pada sistem android.

Lebih lanjut lagi, mengenai lubang keamanan ini masih belum begitu banyak dirincikan oleh para peneliti. Tetapi mereka menyatakan bahwa arus lalu lintas SSL/TLS tetap terenkripsi dengan aman meski program jahat tersebut telah menyusup.

Jadi, meski pengguna android menggunakan layanan internet seperti e-mail yang mengenkripsi semua arus datanya maka pengguna tersebut tetap terlindungi meskipun VPN telah dicegat.

Nah, mengenai kode jahat tersebut maka kamu harus lebih jeli juga mengunduh aplikasi, gunakan aplikasi valid yang tersedia di Google Play Store dan gunakan juga aplikasi VPN berkualitas. Hindari penggunaan VPN gratis yang hanya berisi iklan saja.


EmoticonEmoticon